Minggu, 14 Juli 2013

POTENSI PANTAI MEANG - LOMBOK


Ditulis oleh : Ery, KAPA-SSC-204/VII/1996
Mengitari sudut-sudut pulau Lombok, banyak terdapat sumber-sumber lokal yang berpotensi untuk dikembangkan sebagai daerah wisata. Salah satunya adalah Dusun Meang yang terletak di koordinat  8°53'00" Lintang Selatan dan 116°04'06" Bujur Timur, atau di Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong Tengah Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Di tempat ini terdapat pantai yang memiliki hamparan pasir pantai putih yang luas. Juga memiliki ombak yang cocok untuk dijadikan arena olahraga surfing atau selancar. Hamparan pasir yang landai dan memiliki ombak tinggi yang tak pernah surut. Hal ini karena lokasi pantai yang langsung berhadapan dengan Samudra Indonesia yang dikenal memiliki ombak laut yang besar.

Didukung juga oleh lokasi sekitar pantai yang datar dan dikelilingi  perbukitan yang mengitari lokasi sekitar pantai, membuat lokasi ini cocok sekali untuk dijadikan daerah tempat beristirahat bagi turis-turis baik asing maupun lokal karena jaminan privasi bagi para pengunjung.

Lokasi Pantai Meang terletak dekat dengan teluk Sepi. Di teluk ini, memiliki potensi wisata terumbu karang yang sangat indah. Memiliki berbagai jenis ikan hias yang cukup banyak. Terumbu karang di wilayah ini pun terawatt dengan baik, karena masyarakat sekitar sangat

menjaga habitat perairan laut disekitarnya. Dibuktikan dengan adanya  peraturan adat (awig-awig) yang melarang adanya pengerusakan terumbu karang baik berupa pengambilan bebatuan karang (terumbu karang) maupun penggunaan bom untuk penangkapan ikan.

Lokasi Pantai Meang dapat ditempuh dengan perjalanan darat. Dari kota Mataram (ibukota provinsi Nusa Tenggara Barat), dapat dicapai dengan menempuh perjalanan selama 1 jam 45 menit.  Alur perjalanan dimulai dari Mataram menuju Kecamatan Sekotong Tengah, perjalanan ini melalui jalur aspal hotmix dan memerlukan waktu ± 45 menit. Dari kecamatan Sekotong Tengah menuju ke arah selatan yaitu menuju desa Buwun Mas. Perjalanan ini cukup melelahkan meskipun hanya
memerlukan waktu ± 30 menit saja. Karena kondisi jalan yang dilalui sekarang dalam kondisi yang rusak berat. Aspal kasar yang diperbaiki 7 tahun yang lalu, saat ini dalam kondisi yang rusak parah. Sebenarnya, jika dihitung dengan kilometer, jarak menuju Desa Buwun Mas sebenarnya hanya ± 7 km saja, tetapi karena kondisi jalan yang rusak, diperlukan waktu yang lebih lama untuk mencapainya. Dari Desa Buwunmas yang terletak di Teluk Sepi, ada dua alternatif menuju lokasi. Pertama menelusuri jalan darat dapat ditempuh dengan melalui jalan yang baru dibuka (jalan sirtu), memerlukan waktu 25 menit. Sebenarnya lokasi sudah dekat, hanya karena medan yang dilalui cukup sulit (menelusuri jalan tanah dengan melewati perbukitan), sehingga memerlukan waktu lebih lama. Kedua dengan menggunakan perahu. Dapat ditempuh selama 15 menit menuju lokasi.

Sayang memang, banyak daerah-daerah yang memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan di Pulau Lombok, belum memiliki prasarana yang cukup menunjang untuk pengembangannya. Semoga di tahun-tahun yang akan datang, Pemerintah Daerah mulai melirik potensi yang ada di Pantai Meang ini...




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar